Selasa, 12 Oktober 2010

Batik (made in) China








Bukan, batik-batik diatas bukanlah batik dengan ragam motif khas yang berasal dari kebudayaan China. Batik-batik tersebut adalah batik impor dari China yang sudah banyak beredar di Indonesia, dan mulai meresahkan para produsen batik di Indonesia.

China, merupakan negara dengan industri nomor satu di dunia. Segala produk dapat diproduksi massal secara murah dengan kualitas pilihan. Tidaklah heran China menjadi tempat tujuan para produsen untuk memproduksi produknya disana. Bahkan perusahaan sekelas apple.inc juga memproduksi produknya di China.

Harga yang bersaing di pasaran menjadi positioning tinggi untuk segala barang buatan China. Tidak mengherankan barang-barang China ini menjadi penggilas berbagai produk di pasaran karena kalah bersaing dengan harga dan kualitas.

Maka dari itu, berhati-hatilah dalam membeli batik. Jangan tergiur harga murah, karena batik China dengan harga miring tidak diproduksi dengan proses wax, melainkan dengan proses sablon yang kualitas kainnya dibawah batik cap. Sedangkan untuk motif, warna, dan corak, batik China pada umumnya berkiblat pada batik Pekalongan yang lebih variatif dan berkembang.

Berikut dibawah adalah beberapa ciri-ciri batik china yang beredar di pasaran :
  • kain yang digunakan bukanlah kain dengan kualitas yang baik. kain dengan kualitas baik pada batik asli akan berpengaruh ke warna yang nantinya keluar,
  • motif yang dipakai cenderung motif perulangan yang kaku,
  • perhatikan bagian belakang kain, apabila rapi seperti kain biasa, waspadai,
  • yang paling mudah adalah berhati-hati dengan harga. harga yang terlalu murah dan tidak wajar biasanya berasal dari batik china. karena batik china memang sangat murah sekali.

Nggak mau kan dikatakan pakai tekstil motif batik?


cintailah produk dalam negri


courtesy foto : pribadi, www.antarafoto.com/peristiwa/v1270458301/batik-impor

1 komentar:

  1. hai haii
    mau tanya dong bener gak kalo batik yg bahanya licin ,trus jualnya gulungan bukan metean atau lembaran dan hrganya cuma 20rb/m
    itu batik made in cina kah ?

    BalasHapus